Para Juara Progam 40 Hari

Ngangrkuk- Kamis 28 Dzulhijjah 1440 H, suasana jam’iyyah maulid dhiba’ malam ini berbeda malam – malam sebelumnya. Selain melantunkan shalawat kepada beliau nabi Muhammad SAW dan membaca maulid dhiba’ yang telah menjadi rutinitas, malam ini seluruh santri terlebih kelas Ibtida’ al Ula atau yang lebih dikenal dengan kelas Mandzumah merasa cemas bercampur penasaran, pasalnya mereka sangat tidak sabar untuk menanti pengumuman siapa yang akan menjadi juara kelas yang akan diumumkan selepas pembacaan maulid.

Setelah melewati perjuangan selama 40 hari 40 malam tanpa ada waktu libur, akhirnya 112 santri yang masuk program ini berhasil menyelesaikannya. Program ini biasa dikenal dengan progam 40 hari, yang mana pada waktu tersebut santri digembleng untuk terus menulis, menghafal dan memahami tarkib pada kitab yang dikaji yaitu kitab Safinah an Naja yang dibekali dengan kitab ilmu nahwu karya KH. Abdul Wahid Zuhdi yaitu Mandzumah Fii ilm an An Nahwi. Progam ini merupakan progam yang dicetuskan oleh beliau al maghfurlah KH. Abdul Wahid Zuhdi pendiri PP. Fadllul Wahid Ngangkruk Bandungsari Ngaringan Grobogan.

Dengan terlaksananya ujian yang ketat baik bil-Lisan maupun bil-Kitabah, akhirnya rasa penasaran para santri terjawab dengan dibacakannya nama tiga santri dengan nilai tertinggi yang dinobatkan sebagai juara kelas Mandzumah tahun ajaran 1440-1441 H. Ketiga santri tersebut adalah:

1.Abdul Fattah Jalaluddin bin Fatkhur Rohman, kamar A2 Ust. Ulin Nuha dengan nilai 75
2. Muhammad Rifqi Anam bin Mursalim, kamar A1, Ust. Arifin dengan nilai72
3. M. Nasrullah Al Mubarok bin Muh. Shodikin, kamar B2 Ust. Chanif Baidlowi, dngan nilai 71,5

Malam itu juga diumumkan juara kelas I’dadiyah yang merupakan kelas persiapan sebelum masuk kelas Mandzumah. Mereka yang juara adalah:

1. Deo Ahmad Dwito bin Supriyanto, kamar B2, Ust. Maimun dengan nilai 75
2. Prastiyo Wahyu Utomo bin M. Navi, kamar E1 Ust. Maimun, dengan nilai 65
3. M. Humam Ilya Sa’bana bin Moh. Irham, kamar D4, Ust. Nurul Abidin, dengan nilai 63

Semoga dengan ini dapat mendongkrak semangat para santri PP Fadllul Wahid untuk lebih giat belajar mendalami ilmu agama. Amin…

3 Replies to “Para Juara Progam 40 Hari”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *