Oleh: Ust. Ahmad Rozikan


MABADI’ ILMU TAUHID

Sebelum mempelajari fan atau disiplin ilmu tertentu, hendaknya para pelajar terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar ilmu yang jumlahnya ada sepuluh atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mabadi’ Asyroh. Yakni: Devinisi, pokok pembahasan, faedah, keutamaan, korelasi, pencetus, nama, sumber referensi, hukum mempelajari, dan permasalahan-permasalahannya.

Dan berikut ini adalah sepuluh mabadi’ Asyroh ilmu tauhid:

Definisi Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang akidah islam berdasarkan dalil–dalil yang dipastikan kebenarannya baik berupa dalil Aqli (dalil yang berdasar akal pikiran) ataupun Naqli (yakni berdasar Al Qur’an dan hadits).

Pokok Pembahasan Ilmu Tauhid
Pembahasan pokok dalam ilmu tauhid adalah tentang Dzatnya Allah, dzatnya Rasulullah, dan sifat – sifat yang ada pada keduaNya, meliputi sifat wajib,  jaiz, dan mustahil.

Faedah Mempelajari Ilmu Tauhid
Faedah mempelajari ilmu tauhid adalah mengenal Allah dan RasulNya melalui sifat–sifatNya yang berujung meraih keselamatan abadi kelak di akhirat.

Keutamaan Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid adalah ilmu teragung diantara ilmu - ilmu yang lain, sebab hubungannya langsung dengan Allah dan Rasul-RasulNya. 

Nisbat Atau Korelasi Ilmu Tauhid Dengan Ilmu Yang Lain
Ilmu tauhid merupakan pangkal dari semua ilmu agama, itu berarti semua ilmu agama adalah cabang dari ilmu tauhid.

Pencetus Ilmu Tauhid
Pada hakikatnya yang menciptakan ilmu tauhid adalah Allah SWT, namun keberadaan ilmu tauhid sebagai disiplin ilmu yang terbukukan, pencetusnya adalah Al Imam Abu Hasan Al Asy’ari (wafat tahun 334 H) dan Al Imam Abu Manshur Al Maturidi (wafat tahun 333 H). Keduanya merupakan pemimpin dari golongan ahlus sunnah wal jama’ah, sedangkan yang datang dari kalangan mu’tazilah sangatlah banyak, diantaranya Washil Bin Atho’ yang wafat pada tahun 181 H.

Nama Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid memiliki beberapa nama diantaranya:

Ilmu Tauhid, dinamakan ilmu tauhid dikarenakan poin terpenting dalam ilmu tauhid adalah mengESAkan Allah Swt.
Ilmu Kalam, dinamakan ilmu kalam karena terdapat banyak perbebatan ulama’ terdahulu terkait kalamullah, atau karena mereka ketika memulai pembahasan selalu mengawalinya dengan kata al kalamu ala …..
Ilmu Ushuluddin, kerena ilmu tauhid adalah pokok dari agama Islam.


Sumber Referensi Ilmu Tauhid (Istimdad)
Sumber referensi ilmu tauhid adalah dalil-dalil yang bersifat qoth’i yakni dalil yang dipastikan kebenaran dan keotentikannya, baik dalil aqli maupun dalil naqli.

Hukum Mempelajari Ilmu Tauhid:

Fardhu 'ain bagi seluruh umat islam untuk mempelajari ilmu tauhid sampai pada tahap mengetahui sifat wajib, sifat muhal dan sifat jaiznya Allah SWT dan RosulNya, sehingga mereka terlepas dari status taqlid.
Fardhu kifayah bagi penduduk suatu daerah untuk mempelajari ilmu tauhid sampai pada tingkatan dapat mematahkan propaganda orang–orang kafir dan para pelaku bid’ah (selain ahlu sunnah).


Permasalah Dalam IlmuTauhid
Permasalahan yang dibahas dalam ilmu tauhid adalah qodhiyyah–qodhiyah seputar sifat wajib, sifat muhal dan sifat jaiznya Allah danRasulNya.

Pengajian Ramadhan Di PP. Fadllul Wahid Ngangkruk, Bandungsari, Ngaringan, Grobogan, Jawa Tengah

Diampu oleh : KH. Habibul Huda Bin Najid